Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Tips Agar Sukses Memulai Karir Baru

SuratPlus – Memulai karir baru tentunya memiliki tantangan lebih, sebab Anda belum mengantongi pengalaman. Namun, semua tantangan yang ada tersebut bisa Anda selesaikan dengan baik apabila mengetahui tahapannya.
Berikut ini 10 tips untuk memulai karir baru yang bisa Anda terapkan.

Tips Mudah Memulai Karir Baru yang Perlu Anda Ketahui

Bagi Anda yang baru lulus dan mulai meniti karir baru tentu harapannya adalah perjalanannya mulus-mulus saja. Padahal, banyak tantangan yang kerap tidak terpikirkan bagi fresh graduate saat memulai karir baru.
Tenang, saja ikuti tips untuk memulai karir baru berikut, agar potensi gagal lebih minim terjadinya.

1. Temukan Potensi Diri Saat Memulai Karir Baru

Sebagai fresh graduate tentu harapannya adalah ingin cepat mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Terdapat beberapa kemungkinan yang terjadi apabila Anda gegabah dalam memulai karir baru.
Apabila Anda melakukannya tanpa mengetahui potensi diri sendiri, maka bisa saja berdampak buruk. Maka, langkah pertama yang harus Anda lakukan saat baru memulai karir adalah menemukan potensi diri.
Dengan mengetahui potensi diri saat awal memulai karir, maka peluang Anda bertahan lebih besar. Jika Anda tidak tahu potensi diri, maka ditengah perjalanan bisa saja ingin keluar dari bidang pekerjaan tersebut.

2. Buat Daftar Target Pekerjaan

Tips untuk memulai karir baru yang bisa Anda terapkan adalah membuat target pekerjaan. Tips ini cocok diterapkan baik untuk fresh graduate maupun Anda yang ingin switch career.

Dengan membuat daftar target pekerjaan apa yang ingin Anda tuju, maka ini memudahkan dalam melakukan evaluasi. Membuat target, berarti langkah Anda dalam mencapai karir impian akan lebih mudah terjangkaunya.
Anda bisa membuatnya dengan notes melalui smartphone maupun mencatatnya manual di buku.

3. Tingkatan Potensi Diri

Sudah membuat target? Lalu langkah apa selanjutnya yang perlu dilakukan? Tips berikutnya adalah tingkatan potensi diri Anda. Berbekal dengan pengalaman dan bukti potensi diri, membuat pihak penerima kerja lebih percaya dengan kualitas Anda.

Nah, penting untuk mencari tempat peningkatan potensi diri yang juga memiliki bukti tertulis seperti sertifikat pelatihan. Hal ini bisa menjadi nilai plus dimata perusahaan yang ingin Anda masuki.

4. Membuat Portofolio Sesuai Bidang Pekerjaan

Meskipun Anda belum memiliki pengalaman pekerjaan, karena baru ingin memulai karir bukan berarti tidak bisa membuat portofolio bukan? Anda bisa memasukan pengalaman magang ketika masih kuliah.
Melalui portofolio yang Anda buat ini bisa meyakinkan pihak perusahaan maupun agensi tersebut untuk menerima. Peluang Anda untuk diterima kerja akan lebih tinggi, apabila memiliki portofolio sesuai bidang pekerjaan yang dilamar.

Tips untuk memulai karir baru satu ini harusnya sudah Anda lakukan sejak masa kuliah maupun sekolah dengan cara melakukan magang, menjadi volunteer maupun lain sebagainya.

5. Mempersiapkan CV dan Dokumen Lainnya

Saat memulai karir baru tentu selain mempunyai portofolio, pastikan Anda juga membuat CV menarik. Jangan sampai Anda membuat satu CV untuk seluruh lamaran pekerjaan.

Hal ini membuat Anda kurang profesional di mata HRD, sebab beda bidang pekerjaan pasti berbeda permintaan kualifikasinya. Nah, selain mempersiapkan CV maka dokumen penunjang lainnya juga perlu Anda siapkan.
Jadi, ketika terdapat lowongan pekerjaan dibuka, Anda bisa langsung segera mendaftarkan diri.

Untuk membuat CV yang menarik dan professional dengan beragam template pilihan, kamu bisa menggunakan generator pembuat CV online dari SuratPlus di link berikut: Generator CV Otomatis.

6. Berlatih Interview Kerja

Tips untuk memulai karir baru tidak hanya mempersiapkan beberapa hal di atas saja. Seperti yang Anda ketahui, bahwasanya untuk bisa mendapatkan pekerjaan terdapat beberapa tahapannya.

Setelah melewati seleksi melalui administrasi, umumnya akan ada tahapan berikutnya berupa wawancara. Jika Anda telah sampai ke tahap wawancara, artinya impian sudah lebih dekat. Maka agar tidak gagal pada tahap ini sambil menunggu pengumuman jangan lupa untuk berlatih interview. Banyak pedoman yang bisa Anda ikuti, misalnya melalui youtube maupun instagram.

7. Jangan Terlalu Selektif

Kebanyakan kegagalan dari pemula dalam meniti karir baru adalah terlalu selektif. Tidak ada yang salah dari mempunyai sifat independen dalam mendapatkan karir impian. Namun, yang perlu Anda ingat adalah persaingan dunia kerja itu ketat sekali.

Tips untuk memulai karir baru agar Anda segera memperoleh pekerjaan adalah jangan terlalu selektif. Jangan mengharapkan range gaji langsung tinggi saat awal-awal.
Namun, saat memilih bidang pekerjaan pastikan tetap sesuai dengan passion agar saat menjalaninya Anda juga tidak terbebani.

8. Memperluas Relasi

Jangan hanya mengandalkan informasi tentang karir impian pada satu hal saja. berdasarkan pengalaman banyak orang, pekerjaan bisa datang informasinya dari relasi yang dimiliki.
Nah, sambil mengupayakan pekerjaan impian Anda jangan lupa untuk bergabung dengan komunitas tertentu untuk memperluas relasi.

9. Pintar Membaca Peluang

Tentunya setelah Anda mengenali potensi diri maka tahu keahlian apa saja yang dimiliki. Nah tips untuk memulai karir baru yang bisa Anda terapkan adalah harus pintar membaca peluang. Jangan sampai Anda hanya berfokus pada satu karir tujuan saja.

Jika Anda melihat ada informasi karir yang relevan dengan potensi maka bisa mencobanya. Apalagi jika prospeknya bagus, maka jangan dilewatkan begitu saja peluang tersebut.

10. Lakukan Evaluasi dan Perbaikan

Masih terus gagal dalam memulai karir baru? Lakukan evaluasi dari segala upaya yang Anda lakukan dalam menemukan karir impian. Dengan melakukan evaluasi Anda jadi mengerti pada titik mana kesalahannya.

Jika sudah menemukan permasalahannya, maka segera lakukan perbaikan. Dari tips untuk memulai karir baru di atas, mana yang sudah Anda lakukan?

Anda yang kebingungan membuat CV menarik secara otomatis, bisa menggunakan website resmi dan menarik dari suratplus.com. Website ini juga menyediakan 50+ lebih template surat yang bisa membuat Anda lebih terlihat profesional. Oleh karena itu, tunggu apalagi segera manfaatkan dengan maksimal sekarang juga.

Post a Comment for "10 Tips Agar Sukses Memulai Karir Baru"