Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Mengevaluasi Dan Mengatur Prioritas Karir

SuratPlus – Banyak orang yang mengatakan bahwa membagi prioritas karir dengan kehidupan pribadi sangat penting. Namun, sebagian orang kurang peduli akan hal tersebut. Padahal dengan membagi keduanya secara tepat dan adil, kehidupan akan jauh lebih baik. Apalagi bagi Anda yang sedang menyusun masa depan yang cerah, hal ini tentu saja sangat penting.

Lantas, bagaimana cara mengenali dan mengatur prioritas antara karir dan kehidupan pribadi? Ikuti saja penjelasan lebih lengkap ini.

Apa Bedanya Karir dengan Kerja?

Tidak jarang orang-orang masih sering bertanya tentang perbedaan karir dengan kerja. Bahkan hingga saat ini banyak yang menganggap jika keduanya adalah hal yang sama.

Padahal, sudah jelas jika antara karir dan kerja sangat berbeda. Mungkin sekilas jika Anda lihat kedua hal ini terlihat memiliki arti yang sama.

Perlu Anda tahu bahwa kerja artinya sebuah aktivitas aktif bukan milik pribadi melainkan milik perusahaan tempat Anda bekerja. Sehingga Anda harus selalu berusaha untuk mewujudkan visi dan misi dari perusahaan tersebut.

Sedangkan karir memiliki arti sebuah cita-cita, tujuan hidup dan ambisi untuk mencapai tujuan tersebut. Karir ini milik Anda pribadi, sehingga yang perlu berjuang mati-matian untuk masa depan yang adalah diri sendiri bukan orang lain.

Karir ini bisa Anda capai sesuai dengan passion dan dimiliki. Setiap orang pasti memiliki titik fokus tersendiri dalam menentukan karirnya.

Namun, tidak jarang ada orang yang lebih fokus bekerja hingga lupa dengan karir pribadinya. Ini bisa terjadi karena banyaknya pilihan yang tersedia sehingga orang menjadi bingung menentukannya.

Cara Mengevaluasi dan Mengatur Prioritas Karir yang Mudah dan Tepat

Karir dan bekerja adalah dua hal yang perlu tindakan yang tepat. Karena jika Anda terlalu fokus bekerja hingga mengabaikan karir, maka karir dapat menjadi berantakan.

Begitupun sebaliknya, jika Anda terlalu fokus ke prioritas karir maka pekerjaan akan berantakan. Maka dari itu Anda perlu mengatur semua dengan tepat. Seperti berikut ini cara tepat dalam mengatur skala prioritas yang harus Anda ketahui.

1. Tentukan Tugas yang Paling Penting dan Mendesak

Salah satu hal yang perlu Anda lakukan agar mendapatkan prioritas dalam hidup adalah menentukan tugas yang paling penting dan mendesak.

Tentukan mana yang perlu Anda kerjakan terlebih dahulu, baru kemudian buat jadwal ke dalam aplikasi manajemen waktu. Urutkan sesuai dengan tenggat waktu pengumpulan, kuadran, ekspektasi klien dan permintaan rekan kerja.

Sehingga nantinya pekerjaan Anda akan lebih teratur dan dapat selesai tepat waktu. Bahkan bonusnya Anda bisa memiliki waktu lebih untuk mengerjakan pekerjaan lain atau sekedar berkumpul dengan keluarga.

2. Mempertimbangkan Kesempatan

Terkadang tidak ada salahnya jika kembali mempertimbangkan sebuah kesepakatan yang datang. Seperti kata pepatah yang mengatakan bahwa kesempatan tidak datang dua kali.

Jika ada kesempatan yang dapat memberikan pengaruh besar terhadap karir Anda. Maka tidak ada salahnya jika Anda kembali memikirkan dan menyusun ulang skala prioritas karir.

3. Kemampuan Diri Sendiri

Salah satu hal yang sering kali membuat prioritas karir menjadi terganggu adalah kemampuan. Saat menentukan sebuah pekerjaan dan menempatkannya pada sebuah prioritas, maka Anda harus memperhitungkan kemampuan pribadi.

Jangan sampai memilih pekerjaan yang tidak sesuai dengan kemampuan pribadi. Sehingga pekerjaan yang Anda lakukan akan menjadi sia-sia tanpa dibarengi dengan kemampuan.

4. Menentukan Tujuan Utama

Pastikan jika Anda memiliki tujuan atau ekspetasi yang ingin dicapai ketika akan menyusun prioritas karir. Sehingga Anda bisa menentukan mana pekerjaan yang mampu untuk mewujudkan hal tersebut.

Ketika sudah menemukan pekerjaan yang tepat, Anda bisa melakukan pekerjaan tersebut terlebih dahulu. Bahkan Anda akan lebih bersemangat jika menetapkan masing-masing tujuan dari pekerjaan yang dilakukan.

5. Buat Jadwal Kerja

Sadar atau tidak bahwa jadwal kerja dapat membuat Anda lebih mudah mengetahui dan mengingat waktu, tugas, dan durasi dalam pekerjaan. Manfaatkan juga aplikasi yang dapat membantu mengorganisir pekerjaan.

Jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dan alarm deadline dari masing-masing tugas yang Anda kerjakan. Ini akan membuat prioritas karir menjadi tersusun lebih rapi dan berjalan dengan lancar.

6. Hindari Menunda Pekerjaan

Salah satu hal agar karir berjalan dengan baik adalah membuang kebiasaan buruk sering menunda pekerjaan. Menunda pekerjaan sama saja dengan kesuksesan karir di masa yang akan datang. Menghindari kebiasaan ini akan berdampak terhadap kemajuan karir di masa yang akan datang.

7. Cek Kalender Secara Rutin

Setiap seminggu atau dua Minggu sekali usahakan untuk selalu cek Kalender kegiatan secara rutin. Jika memang masih belum ada yang terlaksana, jadwalkan ulang kegiatan-kegiatan tersebut.

Seiring berjalannya waktu, Anda akan tahu mana yang masuk dalam prioritas dan mana yang masih bisa ditunda.
Dari penjelasan soal prioritas karir, yang paling penting adalah mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan. Jika Anda membutuhkan CV dan lamaran kerja atau surat online yang mudah dibuat dan profesional langsung saja gunakan suratplus.com untuk membuatnya.

Post a Comment for "7 Cara Mengevaluasi Dan Mengatur Prioritas Karir"