Cara Membuat CV Yang Menarik Perhatian HRD
cara membuat cv yang keren dan menarik perhatian HRD
Edukasi Tutorial

Cara Membuat CV Yang Menarik Perhatian HRD

5/5 - (5 votes)

SuratPlus – Curriculum Vitae atau yang lebih kita kenal sebagai CV adalah salah satu faktor penting dalam melamar pekerjaan. CV yang menarik tak hanya dilihat dari segi isi dan pengalaman luar biasa yang kamu tuliskan saja, namun CV yang menarik juga dilihat dari desain dan pengemasannya.

Desain yang menarik dari sebuah CV cenderung menjadi first impression yang baik bagi HRD yang melihatnya. Oleh karena itu kamu harus memastikan CV yang kamu buat memiliki desain yang baik dan tidak terlalu berlebihan.

Lantas bagaimana cara membuat CV yang baik dan menarik? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara membuat CV yang menarik agar dilirik oleh HRD. Namun sebelum itu alangkah baiknya jika kita memahami terlebih dahulu tentang CV.

Apa itu Curriculum Vitae (CV)?

Curriculum Vitae atau CV adalah sebutan untuk daftar riwayat hidup dari pelamar kerja yang mencakup banyak hal seperti nama, tempat dan tanggal lahir, alamat, riwayat pendidikan, keahlian, dan lain sebagainya. CV merupakan salah satu syarat penting yang harus diperhatikan agar dapat lolos melamar pekerjaan.

Cara Membuat CV Yang Menarik Perhatian HRD

Bagi sebagian orang, membuat CV yang terpenting itu mencantumkan identitas diri, pendidikan, dan pengalaman kerja saja. Tidak salah, namun apakah hal tersebut dapat menarik perhatian dari HRD? Bayangkan, HRD harus menyeleksi ratusan hingga ribuan CV di mana kebanyakan perekrut hanya menghabiskan 6-10 detik saja untuk melihat sebuah CV.

Oleh karena itu, first impression dari sebuah CV sangatlah penting untuk diperhatikan. Jika CV kamu memliki tampilan yang tidak menarik, maka kemungkinan perekrut akan langsung mengabaikan CV kamu. Ikuti tips berikut ini untuk membuat CV yang menarik bagi perekrut atau HRD:

1. Membuat desain CV yang kreatif

First impression dari CV itu adalah desainnya. Jika desain CV kamu bagus dan kreatif tentu akan menarik perhatian HRD untuk membaca CV kamu. Jika kamu melamar di perusahaan umum, kamu bisa menggunakan desain yang umum dan seadanya saja, namun jika kamu melamar di perusahaan yang bergerak di industri kreatif seperti agensi film, periklanan, maupun desain, tentu kamu harus membuat desain CV yang semenarik mungkin.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki skill desain yang mumpuni untuk membuat desain CV yang menarik. Oleh karena itu, SuratPlus hadir sebagai solusi untuk kamu yang ingin membuat desain CV menarik dalam hitungan menit.

Buat CV menarik di SuratPlus

generator cv online terbaik dengan berbagai pilihan template cv

Kamu bisa langsung membuat CV dengan mudah menggunakan generator CV dari SuratPlus. Ada banyak pilihan template CV yang keren yang bisa kamu gunakan. Buat CV sekarang dengan cara klik link berikut: Generator CV SuratPlus.

Gunakan kode voucher SURATPLUS untuk mendapatkan diskon CV hingga 30%. Klaim sekarang sebelum promo ini berakhir ya SobatPlus!

2. Buat CV yang singkat, padat, dan jelas

Too Much information membuat perekrut bosan membaca CV kamu. Oleh karena itu kamu harus menggunakan informasi yang singkat, padat, dan jelas di CV yang kamu buat. Usahakan untuk membuat CV yang ringkas, paling baik satu halaman dan maksimal jangan lebih dari dua halaman. Tidak semua identitas diri perlu kamu sebutkan dalam CV, misalkan seperti golongan darah, hobi, dan sebagainya. Kecuali jika memang diminta oleh HRD, maka kamu wajib mencantumkannya.

3. Cantumkan pengalaman dan skill yang relevan

Untuk membuat CV yang keren dan menarik, kamu harus mencantumkan pengalaman dan skill yang relevan dengan tempat kamu melamar kerja. Misalkan kamu ingin melamar di industri perfilman, maka skill yang bisa kamu cantumkan adalah editing video, adobe premier pro, adobe after effect, dan skill lainnya yang menyangkut editing video. Selain itu kamu juga bisa mencantumkan skill desain grafis karena di industri perfilman juga akan ada job untuk membuat poster film.

Intinya kamu harus mencantumkan skill dan pengalaman yang relevan dengan tempat kamu melamar kerja.  Bila kamu seorang fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja, kamu bisa memasukkan hard skill dan soft skill yang kamu kuasai selama masa perkuliahan.

4. Cantumkan pelatihan atau sertifikasi bila ada

Sebagai tambahan, mencantumkan pelatihan dan sertifikasi yang dimiliki juga akan menjadi nilai tambah di mata HRD. Hal ini akan membuat anda terlihat lebih memiliki skill di suatu bidang. Terlebih jika kursus yang diikuti tidak banyak bisa diikuti oleh orang lain.

5. Wajib sertakan kontak yang aktif

Ini juga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan agar CV jadi menarik. Cantumkan kontak yang aktif agar lebih mudah dihubungi oleh HRD jika kamu terpilih dan lolos seleksi. Penting juga untuk diperhatikan agar tidak menggunakan email dengan nama yang aneh. Gunakan email dengan nama yang normal, lebih baik jika menggunakan nama kamu sendiri.

Nah Sobat Plus, itulah beberapa hal yang bisa kamu terapkan dalam membuat CV agar menarik perhatian HRD dan kamu bisa lolos untuk mendapatkan pekerjaan impian. Semoga tips berikut dapat bermanfaat bagi kamu yang membaca. Jangan lupa untuk meninggalkan jejak berupa komentar di bawah ya!

SuratPlus adalah situs generator surat terlengkap dengan berbagai macam jenis template surat gratis dan siap pakai.

3 Comments

  • Muhammad Ridha December 5, 2022

    WOW. informasi yang sangat bermanfaat,
    Dulu suka bingung kalau mau buat CV di Ms Word
    Sekarang ada SuratPlus!
    Benar-benar sangat praktis.

  • Suami Mela December 5, 2022

    Terimakasih min akhirnya bisa menemukan aplikasi yang bisa membantu aku untuk bikin CV yang menarik

  • Aini December 5, 2022

    kenapa ga dari dulu min kasih infonya … padahal kemaren lagi nyari website bkin cv . Anyway thank u min, update terus info infonya yak 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X