Resign Dari Kantor Wajib Pertimbangkan Hal Ini!
hal yang wajib dipertimbangkan sebelum resign dari kantor
Edukasi

Resign Dari Kantor Wajib Pertimbangkan Hal Ini!

5/5 - (2 votes)

SuratPlus – Apakah Anda sedang dalam posisi bingung antara resign dari kantor atau tidak? Hal itu wajar terjadi untuk menentukan masa depan dan karir Anda. Terkadang keputusan harus segera diambil karena waktu yang digunakan untuk berpikir terlalu lama menyebabkan Anda bimbang dan ragu. Namun, bukan berarti Anda harus tergesa-gesa dalam mengambil keputusan tersebut.

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam mengambil keputusan sebelum resign dari kantor simak penjelasannya di bawah ini.

Rencana ke depan sebelum resign

Sebelum memutuskan untuk resign dari kantor perlu adanya persiapan sejak awal apa yang ingin dilakukan ke depannya. Sebelum resign harus sudah merencanakan pekerjaan dengan mengingat banyaknya persaingan dan tenaga kerja yang semakin meningkat.

Jangan sampai kesalahan dalam memutuskan untuk resign ini kedepannya akan membuat masalah baru. Apabila sebelumnya telah mendapat banyak tawaran, maka keputusan untuk resign ini harusnya tidak menjadi sebuah hambatan. Namun ketika alasan resign ini dipengaruhi oleh gaji atau karir yang kurang layak, maka Anda juga harus mempersiapkan diri untuk mendapatkan pekerjaan lain yang lebih layak.

Pengalaman yang dipetik

Memutuskan untuk resign atau meninggalkan pekerjaan dengan alasan tertentu seperti tergiur gaji yang lebih tinggi, pastinya suatu perusahaan akan memilih karyawan yang berdedikasi, totalitas, dan mempunyai semangat yang tinggi.

Apabila ingin memutuskan untuk resign maka ada banyak hal yang harus disadari terlebih dahulu. Misal seperti karir apa saja yang selama ini telah diraih dalam sebuah perusahaan, pengalaman apa yang telah didapat dan dipelajari selama bekerja, Bagaimana peran terhadap perusahaan yang ditempati selama bekerja, dan lain-lain, maka hal-hal inilah yang akan mempengaruhi pada perusahaan selanjutnya yang akan dilamar.

Kemungkinan besar perusahaan- perusahaan sulit untuk menerima para pegawai yang tidak loyal dalam pekerjaannya, apalagi memiliki catatan buruk di perusahaan lama tempat bekerja.

Gaji yang diperoleh

Tidak jarang alasan Kebanyakan orang resgin dari kantor ini terkait masalah gaji yang diperoleh. Waktunya akan ada satu momen dimana timbul adanya pemikiran yang lebih realistis mengingat kebutuhan hidup yang semakin membengkak.

Masalah finansial mungkin dapat berjalan seiring waktu tetapi tidak akan ada lagi apabila kepuasan finansial itu tidak terpenuhi pada saat bekerja di kantor.

Apabila telah menganggap diri sendiri bekerja lebih keras dan juga memberikan hasil yang maksimal namun posisi masih tidak naik juga, maka saat itu dapat mengambil keputusan untuk resign dari kantor.

Saran dari orang terdekat

Keputusan pasti selalu ada di tangan anda, akan tetapi tidak berarti menolak mendengarkan saran-saran dan masukan dari orang-orang sekitar atau orang terdekat. Orang terdekat mungkin akan memberikan pandangan yang tidak dapat dilihat oleh diri sendiri.

Maka terimalah dan tampunglah pendapat dan saran yang dilontarkan oleh teman-teman terdekat dan saringlah agar dapat mengambil keputusan yang benar dan tepat. Selain itu juga jangan pernah ragu untuk berbagi kebimbangan kepada orang-orang di sekitar yang lebih berpengalaman.

Kesiapan Mental Untuk Resign

Sebelum memutuskan untuk resign dari kantor perlu ada bayangan terkait kondisi dalam peralihan kerja ke depannya. Sehingga anda harus menata niat dari segala aspek yang harus disiapkan untuk ke depannya. Jangan sampai kesalahan untuk memutuskan resign dari kantor ini akan semakin membuat anda terguncang terhadap perubahan yang anda alami nantinya.

Keyakinan

Memutuskan resign dari kantor ini janganlah hanya mengikuti keinginan impulsif saja. Apabila anda sudah membuat keputusan secara matang untuk resign dari kantor, anda dapat langsung membuat surat pengunduran diri di Generator SuratPlus.

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri (Resign)

generator template surat pengunduran diri

  1. Buka link berikut: Template surat pengunduran diri
  2. Login terlebih dahulu menggunakan akun Google, Facebook, atau email
  3. Isilah setiap kolom data yang dibutuhkan.
  4. Download surat yang telah dibuat.

Nah, itulah pembahasan tentang hal-hal yang wajib kamu perhatikan dan pertimbangkan sebelum resign dari kantor dan memulai karir yang baru. Semoga semua saran di atas dapat bermanfaat dan menjadi bahan pertimbangan bagi kamu yang ingin resign.

SuratPlus adalah situs generator surat terlengkap dengan berbagai macam jenis template surat gratis dan siap pakai.

18 Comments

  • Iim Rohimah October 7, 2022

    Resign merupakan keputusan yang cukup besar. Jadi memang betul ya kak, harus pertimbangkan lebih matang. Jangan sampai hanya karena emosi sesaat.

  • Farida Pane October 8, 2022

    Resign ini sebuah keputusan besar, ya. Selain berbagai kesempatan yang lebih baik, perlu diperhatikan juga risikonya

  • Hendra Suhendra October 8, 2022

    Seumur umur, saya baru resign sekali saja, itu pun karena faktor gaji dan ada tawaran kerja di tempat baru yang jauh lebih baik. Ya langsung embat lah, hahahaha… Itu pun masih banyak pertimbangan ini itu, tapi akhirnya tetap mantap untuk resign. Thanks untuk sharing nya

  • YSalma October 8, 2022

    Resign itu termasuk keputusan besar dalam jenjang karir, apalagi jika sudah bekerja tahunan.
    Kudu siap juga kalau ekspektasi di tempat yang baru tidak seperti yang direncanakan.
    Terima kasih sharingnya.

  • Lina W. Sasmita October 8, 2022

    Dan saya sedang di posisi ini loh. Sudah merasa jenuh karena sudah 24 tahun bekerja di tempat yang sama dengan gaji yang segitu-gitu saja. Tapi jika melihat ke depan memang belum siap dan rencana pensiun masih sekitar 5-10 tahunan lagi.

  • Putu Felisia October 9, 2022

    Resign itu pengalaman yang bittersweet banget, deh. Tapi beneran harus dilakukan dengan penuh pertimbangan.

  • Lita October 9, 2022

    Menurut saya mental sih yang penting apalagi setelah keluar dari pekerjaan lama kita masih belum dapat pekerjaan. Biasa pegang gaji per bulan terus tiba2 nol itu rasanya gimana gitu..

  • Fenni Bungsu October 9, 2022

    Mau resign pertimbangannya memang banyak, maka diperlukan persiapan yang matang dan gak bisa terburu-buru juga. Kalau mentalnya kuat, maka bisa lancar menyikapinya

  • lendyagassi October 9, 2022

    Resign itu memang membutuhkan kesiapan fisik dan mental yaa..
    Biasanya gak jarang perusahaan gak langsung meng-iya-kan juga karena membutuhkan posisi pengganti hingga stabil, baru diijinkan.

  • Erin Friyana October 9, 2022

    Keyakinan resign itu penting banget, daripada banyak berpikir karena nantinya malah gak jadi kaya saya. Hoho…. Ternyata ada template mengajukan resign secara online, ya. Thanks banget infonya, nanti bisa digunakan untuk mengajukan resign.

  • Dyah Ayu Novitasari October 9, 2022

    Rencana ke depan setelah resign emang patut dipertimbangkan karena keputusan ini adalah keputusan yang besar. Kalau emang niat cari kerja lain sepertinya mending udah fix di kerjaan lain baru resign. tapi kalau mau bisnis ya sebelumnya harus siap modal dan ilmunya.

  • Dian October 9, 2022

    Resign adalah keputusan yang besar
    Makanya nggak boleh sembarangan
    Butuh banyak pertimbangan
    Dan jangan lupa juga buat surat pengunduran diri saat resign

  • Monica Anggen October 9, 2022

    Setuju sama tulisan ini. Sebelum mengambil keputusan resign, memang perlu banget ya mempertimbangkan banyak hal. Terutama kesiapan mental. Jangan sampai udah ngajuin surat resign, habis itu nyesal.

  • leyla October 9, 2022

    Wah ada template surat pengunduran diri ya. Sangat membantu nih. Dulu keputusan resign ga pikir lama karena aku sendiri memang udah ga betah dan suami pun nyuruh resign.

  • Gusti yeni October 9, 2022

    Setuju jangan karena emosi belaka akirnya nekat resign tp belum ada loncatan pekerjaan baru. Itu menimpa ponakan saya emosi sesaat akhirnya yaa nganggur bbrp bulan ini.

  • Gina October 9, 2022

    Ud 10thn lebih bekerja di 1 kntr. Pengen resign bbrp bln blkgn, tp blm mau krn cicilan byk wkwkw

  • hallowulandari October 10, 2022

    banyak lalu lalang info tentang resign yaaa, terus mikirin juga isu resesi tahun depan, mikir lagi soal plus and minusnya klo resign ahahhaha

  • Nabilla - Bundabiya.com October 10, 2022

    tadi saya baca utasnya teh iim.. sekarang mah jangan buru2 resign dulu. betul banget ada banyak pertimbangan yang harus dicek. belum tentu setelah resign bakal merdeka dan sejahtera 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X